Utamakanlah Ibu Mu..!!

WAHAI PARA SUAMI, UTAMAKANLAH IBUMU DARIPADA ISTERIMU. WAHAI PARA ISTERI, JANGANLAH ENGKAU MARAH BILA SUAMIMU LEBIH MEMENTINGKAN IBUNYA DARIPADA KAMU.

"Di masa Rasulullah saw,ada seorang laki-laki yang bernama Alqomah, ia rajin ibadah dan banyak sedekah, tiba-tiba ia sakit keras maka isterinya menyuruh orang memanggil Rasulullah saw, untuk menyatakan bahwa Alqomah dalam keadaan naza' sakaratul maut.
Maka Rasulullah saw, menyuruh Bila, Ali, Salman dan Ammar r.a. Supaya pergi ketempat Alqomah dan memperhatikan bagaimana keadaannya, para sahabat menuntun Alqomah supaya membaca : LAA ILAAHA ILLALLAAH, tetapi lidah Alqomah bagaikan terkunci tidak dapat mengucapkannya.
Ketika para sahabat itu merasa bahwa Alqomah pasti akan mati, maka mereka menyuruh Bilal supaya pergi kepada Rasulullah saw, Rasulullah saw langsung bertanya : "Apakah ia masih mempunyai ayah dan ibu ? Jawabnya : "Ayahnya telah meninggal sedang ibunya masih hidup tetapi sudah tua.
Maka ibunya dijemput oleh sahabat Nabi saw, setelah tiba Nabi saw bertanya kepada ibu alqomah, bagaimana hubungan kamu dengan anakmu ? Jawabnya : "saya murka kepadanya, karena dia lebih mengutamakan isterinya lebih daripadaku, dan menurut kepada isterinya dan menentangku. Maka Rasulullah saw bersabda : "murka ibunya, itulah yang mengunci lidahnya. Kemudian Rasulullah saw, menyuruh Bilal untuk mengumpulkan kayu untuk membakar Alqomah. Ibu Alqomah bertanya : "ya Rasulullah, putraku akan kau bakar dengan api didepanku, bagaimana akan menerima hatiku.
Rasulullah bersabda : "hai ibu alqomah, siksa Allah lebih berat dan kekal, karena itu jika kau ingin Allah mengampuni dosanya, maka relakanlah ia, karena shalat dan sedekahnya tidak akan berguna selama engkau murka padanya.
Lalu ibu alqomah berkata : "ya Rasulullah, saya telah ridha pada alqomah. Maka langsung Rasulullah saw, menyuruh Bilal melihat keadaan Alqomah, tiba2 terdengar suara Alqomah membaca : LAA ILAAHA ILLALLAAH, maka matilah Alqomah pada hari itu.

No comments:

Post a Comment